Selasa, 24 November 2009

PENYAKIT VERTIGO

Sudah lama banget aku nggak ngepost dikarenakan banyak kerjaan, kangen juga nich dengan para sobat blogger & ini tangannya sudah gatal pengen posting, xixixixi
Sobat semua ini aku mau kasih informasi sesuai dengan pengalaman yang aku alami semoga saja bermanfaat bagi teman semua.

Aku kurang tahu tentang penyakit vertigo, mungkin aku tahunya dari cerita bos aku dulu karena dia juga mengalaminya menurut dia orang yang terkena vertigo bisa pingsan karena rasa mumet di kepala kayak orang mabuk kendaraan disertai dengan mual dan muntah. Aku sich tidak begitu menanggapinya karena penyakit itu langka buat aku eh ternyata aku terkena vertigo juga malah 2x.

Pertama suatu pagi aku lagi nyantai nonton tv tiba - tiba kepala aku mumet semua disekeliling aku berputar ditambah rasa mual yang sangat hebat rasanya kepengen muntah aja, aku sampai teriak kepada ibu aku. Aku kena apa kok bisa seperti ini sampai - sampai ibu tak suruh beli antimo obat anti mabuk tapi tetep aj malah aku muntah - muntah akhirnya aku dikasih minyak putih sekujur tubuhku & disuruh istirahat aja.



Kedua itu pas malam hari aku pulang kerja capek langsung tidur tiba - tiba sekitar jam 3 pagi aku terjaga karena kepala aku berputar - putar rasanya sama kayak pertama tadi rasa mual & muntah, aku buat tidur sebisa mungkin tapi aku nggak bisa untuk memejamkan mataku karena rasa pengen muntah apalagi nggak ada siapa pun di rumah aku saat itu. Ibu & bapak aku lagi di rumah kakak aku, aku mau bangun takut kalau jatuh & pingsan tapi akhirnya aku nekat juga untuk bangun daripada aku kena apa - apa apalagi masih gelap. Aku beranikan diri untuk membangunkan tetangga aku yang rumahe bersebelahan ama aku & juga dia sudah kayak saudara sendiri. Akhirnya aku dikasih minyak putih & disuruh istirahat aja.

Dari pengalaman itu semua akhirnya aku coba periksa ke dokter ternyata aku terkena vertigo & aku dianjurkan untuk istirahat tidak boleh terlalu capek & tidak boleh terlalu banyak pikiran.
Aku masih penasaran dengan penyakit vertigo akhirnya aku search aja di mbah google, aku temukan cara terapi untuk mencegah vertigo sekalian senamnya.
Ini sobat beritanya......

Senam Cegah Vertigo Kambuh

KEPALA terasa berputar atau mumet atau vertigo tentu sangat mengganggu. Apalagi, jika disertai mual dan muntah. Salah satu pemicunya, kelelahan akibat terlalu banyak aktivitas yang dijalani. Stres atau sedang mengalami banyak masalah juga bisa memicu vertigo.

''Bila mengalami gangguan keseimbangan seperti vertigo, sebaiknya segera berobat ke dokter. Sebab, kondisi itu mengganggu aktivitas,'' kata dr Rahayu Setiyaningsih SpKFR.

Selain terapi obat, pasien bisa menjalani serangkaian latihan. Tujuannya, mencegah agar keluhan vertigo tak mudah kambuh. Spesialis kedokteran fisik dan rehabilitasi dari RSU Haji Surabaya itu mengatakan, ada beberapa posisi latihan yang bisa dilakukan pasien vertigo.Yakni, dalam posisi duduk, berdiri, berjalan. ''Ada juga latihan dalam posisi tidur,'' tuturnya.

Latihan dalam posisi tidur, antara lain, menggerakkan bola mata ke kanan-kiri atau atas-bawah secara bergantian. Bisa juga, memiringkan tubuh ke kanan dan kiri. Model latihan lain, posisi tidur ke duduk. Sebaliknya, dari duduk ke tidur. ''Bila latihan-latihan sudah bisa dilakukan, lanjutkan dengan posisi duduk, berdiri, dan berjalan,'' ungkapnya.

Dalam posisi duduk, pasien bisa memiringkan tubuhnya ke kanan-kiri. Masing-masing gerakan dilakukan dalam waktu sekitar 5-8 detik. Rahayu mengatakan, waktu tersebut bukanlah mutlak. Jika memang pasien mengalami kekambuhan mumet, jangan dipaksa latihan dalam porsi tersebut. ''Sebaliknya, latihan bisa dilakukan lebih dari 8 detik jika pasien tak ada keluhan,'' ujarnya.

Gerakan lain yang bisa dilakukan adalah mengambil bola di lantai. Jadi, pasien duduk di kursi, lantas mengambil bola di lantai. Lakukan hingga beberapa kali.

Sementara itu, latihan dalam posisi berdiri bisa dengan memindahkan bola dari tangan kiri-kanan. Pasien berdiri, kedua tangan lurus ke atas. Kemudian, bola yang berada di tangan kanan dipindahkan ke kiri. ''Perpindahan bola tersebut diikuti pergerakan bola mata. Tujuannya, melatih konsentrasi,'' lanjut Rahayu.

Latihan-latihan itu dilakukan sehari sekali. Untuk waktunya, terserah pasien. Ada yang suka pagi karena masih segar. ''Tapi, ada juga yang memilih senam vertigo pada sore atau malam,'' kata kepala Instalasi Rehabilitasi Medik RSU Haji Surabaya tersebut. (ai/nda)

Dengan aku menemukan artikel ini aku mulai ikuti karena aku takut akan kambuh lagi.
Semoga bermanfaat bagi pembaca semua baik yang belum mengalami untuk berhati - hati jaga kesehatan dan yang sudah mengalami untuk mengikuti terapi senam ini.

Sumber : http://www.solusisehat.net/berita.php?id=403

16 komentar:

Aisyah mengatakan...

wah.. mudh2an gak sakit lg ka..
semangat ka..

Rkeyla mengatakan...

Nice info mbak
Apa vertigo itu sama dengan tekanan darah rendah?

ryva mengatakan...

@Aisyah : amin
@ Rkyla : bukan rin itu beda, vertigo disebabkan oleh pendengaran, pikiran dan kelelahan

bayunature mengatakan...

mumet juga ya, ni penyakit,..ma kasih infonya...

!Rchymera! mengatakan...

Wach mantep nich infonya mbakyu saya jadi bisa lbh berhati-hati,semoga cepet sembuh dan gak sakit lagi mbakyu...:D

robby mengatakan...

Great posting mbk, saya sebagai orang yang sehat jadi tambah bersyukur karna masih di beri kesehatan..... Good Luck o ya di tunggu kunjungnnnya di blogku ya.....

Dream Competition mengatakan...

Nice sharing sis.Thanks ya.Moga cepat sembuh.

@_T!ka mengatakan...

Semoga cepet sembuh ya, Mbak...

secangkir teh dan sekerat roti mengatakan...

katanya makan kurma efektif mengurangi vertigo...?

willyo Alsyah mengatakan...

jaga kesehatan, banyak istirahat, makan2 yang bergisi dg forsi seimbang..jangan lupa ke dokter...oke ????

ryva mengatakan...

mkasih teman semua ya atas komennya

BrenciA KerenS mengatakan...

wah adekku sering nih kena vertigo... makasih inponya ya.. tar biar tak tunjukin postinganmu ini sama dia. :)

jimox mengatakan...

bapakku juga kena vertigo.
kalau udah parah biasanya sampai muntah2, dan nggak bisa berdiri. rasanya muter2 katane.

makasih infone, ntar tak sampein ke Bapakku :)

Ummu Rafif mengatakan...

klo dr posisi duduk lalu pas berdiri pusing kyk berputar2,atau dr posisi duduk/berdiri trus ngambil sesuatu di bawah juga merasa pusing apa itu bisa dibilang vertigo??
Ps:pusingnya seperti digoyang gempa dan semuanya terasa jungkir balik

Unknown mengatakan...

Mbak..sekarang bgm ? Apakah msh mengalami vertigo atau sempoyongan kalau berjalan ? Soalnya saya msh agak sempoyongan kalau jalan.

obat vertigo mengatakan...

Terima kasih infotmasinya sangat bermanfaat