Kamis, 28 Januari 2010

KEGAGALAN







Kita selalu takut bila mendengar kata gagal dalam hidup kita, sepertinya kata gagal adalah kehancuran bagi hidup kita. Dan juga dengan kegagalan kita merasa orang yang paling tidak berguna diantara orang - orang di sekeliling kita.

Tinggal bagaimana kita menyingkapi kegagalan itu dalam hidup kita. Kegagalan bukan kehancuran dari hidup kita tapi adalah awal keberhasilan hidup. Kegagalan membuat kita mengetahui kesalahan yang kita perbuat dan membuat kita lebih dewasa.

Seperti anak kecil yang belajar berdiri, berjalan, tidak akan begitu saja anak kecil langsung berjalan pasti dia akan terjatuh, berdiri lagi terjatuh lagi terus dan terus sampai dia benar - benar bisa berdiri dan berjalan. Begitu juga dengan hidup kita.

Kegagalan pasti akan kita alami, tapi sadarkah kita ada kesalahan yang membuat kita gagal dan mencari jalan keluar untuk memperbaiki diri bukan untuk mengulangi lagi kesalahan yang sama.

Banyak hikmah yang kita pelajari dari arti kegagalan. Jangan pernah kita bersungut - sungut bila ada teguran kecil dalam hidup kita tapi bersyukurlah cambuk itu membuat kita menuju kedewasaan dalam berfikir dan melangkah khususnya dalam iman. Hanya diri kita sendiri yang bisa melihat mengapa kita mengalami kegagalan.

Ada juga yang mengalamai kegagalan dengan rasa sakit hati dan kecewa kepada seseorang , apalagi orang itu sangat dekat dengan kita. Kadang juga bisa sahabat atau saudara atau yang lainnya. Mungkin hanya kebencian di hati kita bila melihat orang yang membuat kita kecewa, itu akan membawa kita hidup dalam kepahitan yang akhirnya hanya sakit penyakit yang melanda diri kita sendiri(berilah tangan kanan kamu bila dia meminta tangan kirimu). Tetaplah tersenyum kepada siapapun yang menyakiti diri kita dan yang pasti memberikan maaf, itu akan membuat hidup kita lebih baik dan bahagia.

Untuk yang mengalami kegagalan jangan pernah menyerah tetapi tetaplah bersemangat bahwa ada keberhasilan menanti kita di depan yang jauh lebih baik dari hidup sebelumnya.

14 komentar:

SeNjA mengatakan...

pertamaxxxx,... yess

SeNjA mengatakan...

berulang kali gagal itu hanya awal dari kesuksesan yg tertunda,akan membuat kita lebih kuat dan tangguh menghadapi kehidupan selanjutnya.

jgn takut gagal...sungguh,dalam hidup kegagalan hanya proses pembelajaran.setuju ? selamat [pagi mba ^^

Alrezamittariq mengatakan...

ketigax....wah pertamax dan keduax dah diambil seNjA nih...curang..wakakakak...
setuju sobat...gagal gagal gagal terus menerus...jangan berhenti...karena orang bijak bilang orang yang gagal adalah orang yang mengalami kegagalan lalu mundur padahal tinggal selangkah lagi untuk sukses..kalo nggak salah kata si super mario teguh deh...huehuehue...

!Rchymera! mengatakan...

Wach setuju bgt mbakyu coz dengan adanya kegagalan kita lbh bs intropeksi diri untuk menjadi lbh baik,semangat...aemangat ocre wkwkwk...:D

Jimox mengatakan...

nice post mbak :)

yap bener banget, selain itu kegagalan juga di ciptakan agar kita bisa bangkit :)

Kang Sugeng mengatakan...

yup... setuju banget Bu, kegagalan adalah sebuah kesuksesan yg tertunda.

BeeMouNTaiN mengatakan...

kegagalan juga kalau di kaji lagi sbenarnya itu adalah sebuah berkah Lo.... eh mo tukeran link nya gak??

AISHALIFE-LINE mengatakan...

Yup,s7 banget bro.Anggap saja kegagalan adalah awal dari keberhasilan.

Information Technology mengatakan...

bner bget bro..mantap
nowGoogle adalah multiple search engine popular

angger prasetyo mengatakan...

kegagalan itu awal dari keberhasilan.jangan pernah menyerah hanya karena 1 kegagalan,manteb artikelnya.salam kenal yach,kunjungan perdana nich

Ririn_Keyliana | Blog mengatakan...

Itulah kehidupan.........
setuju bgt mbk krn kegagalan bisa membuat kita lebih bijak dalam mengambil sikap

@_T!ka mengatakan...

Kalau kita nggak pernah merasakan pahitnya kegagalan, kita nggak akan tahu bagaimana manisnya kesuksesan.

Nice post!

brekele mengatakan...

kegagalan adalah awal dari keberhasilan ... tapi kalau gagal terus ... aduh sungguh terlaluuu ...

redy mengatakan...

nice artikel bro..kadang kegagalan memang membuat kita patah semangat...butuh kekuatan besar untuk bangkit ..disitulah awal keberhasilan ketika kita mau bangkit...